Lapo

Lapo…
Hampir di semua sudut kota Jakarta kita dapat menjumpai lapo.Tapi,yg paling banyak itu adalah di daerah Jakarta Timur,terutama di Jalan Pramuka,ada berjejer tuh lapo disana, kurang tau juga tuh alasan pemilihan tempat bertumbuh disana.Mungkin karena di daerah itu banyak orang-orang Batak atau karena relatif gampang di akses (sama aja dari Tangerang jauh juga si).
Beberapa Lapo yg pernah aku kunjungi,
– Lapo Toba Tabo
– Lapo ni Tondongta(ada yg di   Senayan ada jugadi Pramuka)
– Lapo ni Siagian boru Tobing
– Lapo Rapolo
Aku hanya tau itu dan kebetulan hanya ingat itu aja.Ditambai akka dongan ma muse ateh…

8 Tanggapan to “Lapo”

  1. Boleh kan nyemak2in disini ito?.
    Kalo dikampungku, lapo2 malah saling berhadapan dan bersebelahan saking banyaknya. Tapi ada kisah menarik ttg Lapo2 dikampungku itu. Gini, Suatu hari di malam acara Natal Muda/i Dikampung kami, Selaku PS (Pemuda Setempat),Oh ya, sehari sebelum acara Natal muda/i kami beritahu, ultimatum dan memaksa keras semua lapo2 itu harus udah tutup pd jam 7malam khusus ntuk esok harinya. Kalo gak mau tutup… “AWAS”, hahahaha itulah enaknya PS. Jadi, pas hari H nya Natal kami itu, bbrp kawan2 sengaja patroli ke 7lapo yg ada disekitar jalan2 dikampung kami, Ada 1 lapo yg blon tutup!. Mak jang…. Langsung ptugas patroli kami ngamuk2 dilapo itu, Katanya sama Parlapo: “Namboru…melawan ya ama PS…. mana smua tuakmu, keluarkan!, Namboru……Apa lebih berharga Tuakmu dibanding Hari Natal?, Langsung ditumpahkannya 1dirigen tuak ketanah, “Brp harga 1dirigen ini?”. Dibayar kawan in sendiri tuak yg ditumpahkannya. Cepat2 namboru mandi, pakaian dan datang ke Natal kami, kalo tidak…AWAS..! mengancam lagi. Akhirnya, masalah beres. Pemaksaan harus dilakukan dgn dalih: Bayangkanlah ito, anaknya parlapo tuak itu ikut Natalan ama kami, masak gak didukung dan ditonton ama orangtuanya, Orangtua apaan tuh!!!!. Malah kami juga ngutip dana dari parmitu2 dilapo2 itu, tapi dengan memohon2 dan banyak2 menggombalah kami. Intinya kami hanya minta tolong sama Parlapo2 itu agar sedikit Menghargai dan ikut Merayakan Natal. Dan malam Natal itu kata sambutan, apresiasi dan hadiah/surprise Natal yg paling istimewa dikhususkan bagi para Parlapo2 yg telah rela gak jualan demi Natal kami. Tau sendiri lah ito gimana kalo lapo2 tuak dikampung2, recok dan gaduhnya minta ampun, bisa kalah nanti swara dan acara Natal kami. Tapi dasar Batak, Habis acara Natal kami jam 10.30 malam, Eh… lapo2 itu buka kembali, nga sega be rusakna, para parmitunya yg juga ikut nonton Natal kami tadi melanjutkan ‘hak minumnya ‘ kembali. Tapi sukurlah, mrk akhirnya agak bangga atas apa yg telah kami pertunjukan pada Natal itu, Sampai jam 2malam lapo2 tuak itu hanya bahas ttg Natal kami tadi, mrk saling tertawa dan membanggakan anaknya masing2 yg telah tampil mempesona di Natal itu. Sedikit kesadaranpun mulai terwujudkan dari hal2 kecil antara keluarga dan lingkungan. Kami hanya ingin Bersyukur pada Tuhan Yesus atas KebaikanNya. Sebenarnya cerita ini agak panjang jadi kuperpendek ajalah, soalnya dulu pengen kukirim cerita ini ke Bang Jarar, tapi ya…itu dia…..dah ditutup

    Partalitoruan:
    Horas ito Naek,
    Jadi,dung sidung Natal i,pada saat melanjutkanhak nasida na minum i, topik berubah ma ateh gabe membahas dan membanggakan anak masing-masing ma ateh,hape biasana holanna marpolitik do nasida.
    Horas

  2. Hea do au tu Nainggolan, tarhira di daerah Sipakko. Masuk ma au tu lapo tua, hape sarupa godang ni ama dohot ina minum tuak di lapo i. Ujungna angkat tangan au mandok “sep” Alana molo di Toba holan ama do di lapo tuak, hape diboto ina do dai ni tuak. Molo huinum tuak dua galas di lapo ingkon sai huboan do tu ina sagalas, alana salelengon nungga sala au, holan na minum sandiri, huetong dang adong hak ni ina minum tuak. Sae ma holan uju “ditataring” Bah dang adil hape halak batak Toba saleleng on, tumingkos do huida na di Samosir i rap manginum tuak.😉
    Dung di Jakarta na sian Samosir na hubereng i, ba dang olo be manarihon ina, holan ama nama dilapo tuak. Alai hudok pe songon i, dang pengalaman au di lapo na di Jakarta, alana salahi sataon do boi hudalani Jakarta, ipe dang hea tu Lapo hasomalan i.
    Naparpudi on, ba laos di hotel ma hami marmitu dohot angka dongan, Suhunan, Viky Charlie, Merdi ai dang ditogihon nasida Partalitoruan😀

    Partalitoruan
    Horas tulang, nunga mulai adil be na di Jakarta on na marmitu i,alana dohot do ditogihon ina.Na paling nyata ba tulang Marudut P-1000 ma dohot nantulang i,rap marmitu ma.
    Mansai las rohakku ro tulang berkunjung tuson bah
    Naeng mulak au tu huta tulang ari 28 on,anggiat boi hita pajumpang ateh tulang
    Horas</
    strong>

  3. imran napitupulu Says:

    Hurang lobi, boi ma ra dohonon : minat ni halak hita laho mar’lapo’ (kedai tuak manang kedai kopi), tudos ma i songon ikkat ni roha ni halak Padang marboniaga sipangananon, ginoaran warung nasi.
    “Di mana langit dijunjung, di situ rumah makan dibuka”, ningku hea tu Laekku namangalap ibotokku siampudan.
    Alana halak Padang Lae i.
    Sada tikki, martahi do au naeng mambuka lapo. goaran ma i “La Fonta”
    …..

    Horas

    Partalitoruan
    Keren ma goarna i ateh tulang.Mantaffff

  4. sintong siahaan Says:

    horaz

    Partalitoruan
    Horas

  5. Anson Simanjuntak Says:

    Godang do halak batak marpikkir lebih baik memilih Tuak dari pada mangajari akka dakdanak dijabu borginnai.
    Hape molo songon nidokni lagu ” ANAKKON HI DO HAMORAON DI AU “.
    Bohado bahenon mora, molo Oto-oto dakdanaki.
    Adong do hea hubege tetangga parminum tuak, Dijalo dakdanaki hepeng laho manuhor pulpen, pittor didok amattai dang adong hepeng holan parsituakku namai, ninna.
    Jadi ito tolong berikan pengertian to akka parminum tuak i asa dipikkiri akka dakdanaki asa gabe mamora.

    Horas ma dihita sudena.

    Partalitoruan
    Tuani ma dang apala parmitu na utuson amonghu ba tulang. Alai i pe nian tong do inonghu borjun siremeng i mangajari iba ganup borngin marsiajar tulang.Memang na tong ma haroa karakter ni ama2 ni hitaan naso olo jonok tu gellengna.Mardomu ma muse i lalapi tuak i

  6. albert siahaan Says:

    adong do na mamboto alamat ni lapo Rap olo…mauliate godang

  7. partalitoruan Says:

    @ito Albert
    di pondok bambu ito,hurang huboto alamat pastina,alai molo sian Cawang arah tu Kalimalang, lampu kiri na sebelum Borobudur i,tu hambirang ma ito,dang dao sian i,paling hera-hera 100 meteran ito🙂

  8. ND Hutabarat Says:

    3 LAPO (Tikki on hutanda)

    1. Lapo somal di Huta hitaan

    2. Lapo di Parserakan

    3. Lapo GB Gobatak Radio TV (Interkontinental)

    Di pudian ni ari on di Kompuer Internethu gumodang do au masuk tu Lapo no 3 on, markato (chatting), laos disi do dipasuman tu lapo biasa, di namarkato i, masipaḿinum donganna, dohot loppanna (B1 2 Arsik Tanggo Tombur dna). Ia ahu hupadomu do sude alai hira manoǵari pature panghataian on di hasomalan Habatahon na sorta nipengaruhan angha naposo i. Godang di marlas niroha sian ranto nadao Interkontinental lum tanghas ninna hata Batakna. Ido apala tartarik ahu masuk gabe tong pangalaho nadenggan parlapo i mandok ompung tulang lae eda angkang ampara dln. Dung adong martungkar info pembangunan di Batak Tapanuli dln.

    Las roha. Horas !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: