Gondang Naposo,keren….

Malam minggu kemarin, 26 Januari 2008, aku menghabiskan waktu ku, di GOR Rawamangun di lapangan Baseball nya. Untuk mengikuti rangkaian acara,Gondang Naposo, yang diadakan oleh Clay Production. Excited kali bah!Seneng rasanya, banyak batak-batak muda keren yang hadir disana, dengan dandanan yang modis dan keren, mereka manortor, antusias menonton opera, dan berbahasa batak! Salah satu yang fenomenal sekali (menurut aku). Dari segi konsep acara, tata panggung dan lampu nya, artis pendukung acaranya, terutama penonton nya! Itu yang paling heboh! Banyaknya penonton di malam itu,benar-benar mencengangkan buat aku. Akupun membatin, ternyata, masih banyak akka satorbanghu na punya kerinduan dengan acara seperti ini. Yang notabene, penasaran dan pengen tau yang namanya gondang, opera dan lainnya. Kita tidak pernah menyaksikan sebelumnya, bagaiman itu opera, apa itu Gondang Naposo, aku pribadi, hanya tau kalo dulunya,katanya dipakai juga sebagai ajang mencari jodoh. Dan belakangan, aku mendapatkan refrensinya di blog tulang Monang Naipospos, yaitu www.tanobatak.wordpress.com.

Dari beberapa teman yang hadir, sedikit aku menanyakan alasan mereka bersedia hadir disana, jawaban mereka, beragam, tapi memang kebanyakan mengatakan, karena ingin menonton performance si Pikky (Viky Sianipar) featuring Tongam Sirait. Dan ada juga yang bilang, penasaran dengan Gondang Naposo itu apa,pengen tau apa aja acaranya. Dan pengen ketemu dengan teman-teman naposo batak. Aku bertanya, dengan beberapa teman, yang aku tau doyan begaul ke tempat-tempat hang out di Jakarta. Mereka lebih memilih untuk hang out disana, daripada di tempat2 yg biasa mereka kunjungi.Salah satu keadaan yang menurut aku, sangat bagus, yang bisa dipakai nantinya membawa perubahan ke arah yang baik, dan bisa melakukan breakhtrough seperti harapan kebanyakan orang-orang yang rindu orang muda batak bangkit lagi.Aku semakin optimis dengan itu.

Aku menilai dari sisi acaranya, mereka berani dengan mengadakan gratis. Karena acara itu sendiri menurut aku, sangat berbobot, walaupun memang masih ada beberapa miss kecil. Yang misalnya, konsep manorotor bersama, yang menurut hematku, akan lebih baik dan lebih hidup kalau diadakan di tengah lapangan, bukan diatas panggung. Sehingga semuanya bisa manortor di tempatnya,bukan jadi penonton. Kemudian, jauhnya jarak antara panggung dengan penonton, tingginya panggung, dengan posisi duduk penonton, ada beberapa miss pada operator slide nya. Tapi, so far semuanya tercover dengan acara yang mereka tampilkan. Aku memperhatikan, di sesi opera, penonton sangat antusias, dan pada beberapa dialog, yang memang menggelitik, penonton merespon dua arah, dengan tertawa dan menyeletuk. Dan antusiasme mereka, terlihat dengan mengikuti acara sampai selesai. Kemudian pada saat pembawa acara, mengatakan silahkan yg mau PDKT, tempel dari sekarang,wow itu respon orang-orang mudanya,keren kali. Bukan hanya naposo yang hadir disana,banyak juga angkatan yang sudah tidak lagi muda, tapi concern dengan orang-orang muda, hadir disana. Seperti, Tulang Charlie M Sianipar, Tulang Marudut p-1000 dan nantulang, Ompung Monang, bang Robert Manurung. Aku rasa, sejarah ini harus diulang lagi. Sudah saatnya, Batak bangkit lagi, dan mulai lah, dari Naposo Batak

Beta, tortorhon hita ma hamuna…..

6 Tanggapan to “Gondang Naposo,keren….”

  1. Aut songon Gondang Naposo tikki na di hitaan i dabah lebih mantap dope i. Agak-agak hurang cocok do judul ni acara na i tu isi ni acara i.. Tabahen ma Gondang Naposo na lebih mantap?

    Partalitoruan
    Setuju.Belajar dari yang sudah ada, mari kita buat dan kita benahi supaya menjadi lebih baik.

  2. dulu sewaktu aq sekolah pake celana pendek w biru sudah sering “tampil” manortor bersama teman satu sekolah. tortor naposo lagi, marpasangan. biasama masih malu-malu. Sayang acara seperti ini sekarang justru di bona pasogit makin langka . Kayaknya naposo lebih suka keyboard. Bah gabe mangido gondang tu operator keyboard.

    Partalitoruan
    Ima dah ito, gabe do huta do langka akka songon2 i, jd dang adong rasa menghargai be, dang adong rasa takut kehilangan, hape dung pe mangaranto, lulu2 ma rohana attong.

  3. merdi sihombing Says:

    kemarin waktu di Samosir aku sempat lihat gondang Naposo,seru kali kurasa….mari belajar dari akarnya….supaya acara2 yg berdasarkan budaya leluhur bisa lebih diterima semua lapisan.jangan cepat2 merasa puas serasa kita yg paling hebat……
    Mohon maaf,smoga bisa membangun kemajuan diantara kita.
    Horas…..

    Partalitoruan
    Horas ito, betul mari kita sama2 belajar terus supaya nanti semakin baik.
    Horas
    btw, tampaknya getol kali acara pulang kampung itu bah,hehehehe.Bawa oleh2 sekali2 lah ito

  4. Dari keterangan ito, dapat kubayangkan bagaimana acara itu dilakukan. Membayangkan bisa juga abu-abu kan ito😉
    Dengan beragam kegiatan itu, mustahil acara gondang naposo seperti dulu bisa diadopsi. Kayaknya hanya pagelaran saja, kubandingka bila dulunya dilakukan satu hari penuh.
    barangkali ide tulang Juntak dan Merdi perlu menjadi pertimbangan untuk pelaksanaan even tradisional berikutnya. Horas

    Partalitoruan
    Horas
    mudah2an ma bayangan na denggan ate ito😉. Tutu ma attong i ito, sai lamu tu denggan na muse akka acara tentang budaya Batak na lao sipatupaonta di ari nanaeng ro muse.

  5. Annon adong do ulaon Senanung Bonapasogit tanggal 19 April 2009 on. ro ma hamu dah…marhobas ma hita…
    manortor jala mamereng nai malvinas do annon hita di si..
    aik bea dapotan kamus2 baru kan..heheheh

    Partalitoruan
    Senanung manang senandung on?
    Idia inganan na?ai sambola-sambola itoan on manggokhon,tikkos2 kau sikit ito😉

  6. molo tikki na parjolo i,molo diadatni oppungta imagondang pangondian,molo di zaman saunari on,godang do halak mandok ima gondang sulang sulang pahoppu.jadi di gondang naposo on godang di hita naposo on mambaen gondang ditikki pesta peresmian naposo.mungkin holan on ma komen sian ahu,jumolo hudok mauliate.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: