paranoid

Belakangan ini, media heboh dengan penemuan bakteri yang dikatakan sangat berbahaya bagi kesehatan, dalam susu formula bayi. Tadi pagi dikatakan, bahwa sampe-sampe permintaan pasar untuk susu formula berkurang ada yang bahkan sampe 50% (merosot kali itu).

Aku dengar berita itu di TV yang ada di bis yang aku tumpangi menuju kantor. Dan pada saat menonton itu, aku dalam posisi berdiri karena bis penuh, di sampingku, berdiri sahabatku sejak 10 tahun lalu, Melda. Tiba-tiba kami menjadi bernostalgia masa kecil, aku katakana padanya “memang ateh, untagon do hita na I huta-huta an, dang adong na asing-asing, bereng ma nei, purik do ta inumi tikki gelleng, sehat do hita nei (pasehat hu gariada)”. Terus kami bercerita tentang kebiasaan minum susu KLIM, susu dari Malaysia yang enak kali itu. Mantap kali deh susu itu. Apalagi aku, dulu aku suka makan bubuk susunya aja pake gula pasir, tanpa diseduh dengan air panas. Dan itu, jangan ditanya deh rasanya, ruarrr biasa. Mamak ku dulu suka bingung, karena susu kaleng besar, yang dia targetkan sebulan, selalu habis lebih cepat, tadinya dia tidak tau kalo aku suka makan bubuknya aja, sampe suatu saat aku kepergok, lantas dia bilang ‘amam ma bah, ho do hape pasudahon ateh,parsudakku ma bah”—inong boru Juntak i tahe.

Inilah mungkin konsekuensi dari sebuah perubahan, semakin canggih, semakin praktis segala sesuatunya, makin godang sihabiaran. Najolo, dang hea nibege barita na asing-asing.

Susu, yang katanya bisa meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan fisik anak, sekarang sudah diklaim berbahaya karena ada bakteri nya. Tahu-tempe yang diklaim makanan sederhana dan sehat, sudah ada yang menggunakan formalin, dan harganya juga tidak lagi sederhana, berhubung keledai yang mahal harganya. Lantas masyarakat makan apa?

Mau makan daging ayam? Takut flu burung, secara Indonesia sebagai Negara dengan korban meninggal terbanyak di dunia akibat flu burung. Mau makan daging sapi? Selain mahal, banyak juga daging glonggongan Kecuali tiga-tiga ni oma, dijamin tidak glonggongan do i, jala dijamin halal, Alana muslim do mansekket I di Balige an (bah beasa gabe promosi ateh). Terus, apa dong? Ikan? Banyak yang pake formalin. Bah tahe dang marhasoan be na mangoluon ateh.

Naeng gabe vegetarian, adong akka kandungan pestisida di suan-suanan i. Naeng manuhor na organik, arga na so tanggung.

Jadi aha nama panganon?

Soal susu formula yang ada bakterinya, kebetulan yang meneliti adalah kampusku, yaitu IPB. Yang jadi pertanyaanku, kenapa mereka tidak segera memberitahukan nama dagang dari susu formula “bermasalah” itu? Kenapa Cuma bisa melemparkan kepanikan saja ke tengah-tengah masyarakat? Membuat masyarakat paranoid? Dan tadi pagi, menteri kesehatan sendiri mempertanyakan keabsahan dan hasil penelitian di IPB itu. Karena dia anggap, sampai saat ini, belum ada keluhan dari masyarakat soal muntah-muntah, atau apalah sejenisnya dari keracunan bakteri itu.

Nah, sekarang kita tunggu aja hasil selanjutnya bagaimana.

14 Tanggapan to “paranoid”

  1. bah..
    masih kualami daba minum purik eda..
    seperti pembicaraan kita di bis tadi..
    lebih enakkan tinggal di balige..
    orang di ibukota ini aja bingung susu apa yang mau diminum anaknya..
    padahal kita minum susu KLim yang konon made in Malasya..
    di balige ajalah kita tinggal..
    bukan berarti di huta2 tinggal gizi kita tak lengkap
    justru kita kelebihan gizi dilihat dari size tubuh kita..
    ahhaa
    lebih sehat nya tinggal di huta tahe eda..
    bisa kita orang kampung tapi jiwa orang kota..
    ya ga da??

    Partalitoruan
    Toho ma i da eda,
    unang boan2 soal size i eda,tak sodap kalipun itu.sodap kali pun KLIM itu.
    Mulak ma hita tu huta, asa tabuka agency di huta?

  2. hutabarat partali no 18 Says:

    “memang ateh, untagon do hita na I huta-huta an, dang adong na asing-asing, bereng ma nei, purik do ta inumi tikki gelleng, sehat do hita nei (pasehat hu gariada)”.

    hahahha sitan mi manginum purik….. molo so minum susu najolo ho ra dang sahat tu jkt songon sonari… akka na manginum purik tingal do dihuta sude sonari dang adong na mar jkt hahahaha

    Partalitoruan
    Bah dang diparhatutu ho amang na huinum purik tikki gelleng au?Bah sukkun ma tu ompung..

  3. Mengapa IPB tidak memublikasikan informasi ini sendiri, mengapa kok menunggu pemerintah?

    Partalitoruan
    Setuju!

  4. Humbang Hasundutan Says:

    Hurimpu pandoit hape paranoid.
    Par IPB do hamu hape ito? Parbudidaya do? Mulakma tutu hamu tu huta ito, marhassang kedele ma hamu di san, asa mangalamar iba parkarejo di si. Molo boi do 8 ton/ha @4000/kg, 10 ha pe, dang na ngernger be i. Molo ito sandiri muse mengolah i gabe susu kedele, manang tahu/tempe, ndang na binoto be i.
    Horas.

    Partalitoruan
    Daong ito, par jurusan Lingkungan do. Hahaha, bisa jadi rencana masa depan do tong i ito.

  5. uh kamu ini alumni ipb tapi ko’ malah menjelek2kan almamater sendiri sih.
    IPB kan ga punya kewenangan buat mengumumkan hal tersebut bu…
    Lagian bu menkes tuh maen tuduh ga ada bukti.
    Bisa dituntut pencemaran nama baik institusi tuh.
    Padahal kan baru2 ini ipb menerima penghargaan sbg salah satu universitas berprestasi dari LN.
    Klo kamu ga’ ngerti seluk beluk dunia penelitian mending diem aja deh, ga usah coment.

    Partalitoruan
    Aduh, cape dehh..Ada lagi neh yg kaya begini, tapi gpp selamat datang di blog ini🙂
    IPB ga punya kewenangan untuk publish nama produknya?Mereka yang lebih baik diam.Karena dengan pernyataan mereka yang mengambang itu, membuat orang jadi paranoid, membuat ibu2 jadi parno, anak2 jadi ga minum susu.
    Alumni IPB juga kah, anda?

  6. Farida Simanjuntak Says:

    Wah, makin susah juga negara kita ini. Mau punya generasi penerus yang sehat dan pandai pun susahnya minta ampun. Eda, jangan heran dengan kebiasaan sebagian orang-orang di negara kita ini, selalu membuat suatu penelitian dan membeberka hasil analisis mereka terhadap suatu produk tapi tidak mau langsung menyebut merk. Biasa, mau buat teka teki silang dulu…. Atau juga takut kalau menyinggung perasaan orang yang punya produk ??????????
    Entahlah, mereka lah yang tahu itu. Selalu suka melihat masyarakat merasa takut, was-was dan tanda tanya. Sampai kapan sikap begini mau dipelihara ????????? Hanya waktu yang bisa menjawab (nunga hera marpuisi ate)
    Btw, aku orangnya ga suka minum susu. Dulu biasanya mama duduk di dekatku sampai aku habiskan jatahku karena kalau mama lengah dikit, susu sudah pindah ke gelas Putra yang doyan banget susu…. Makanya, selama di Malaysia ini aku ga pernah minum susu Klim atau Dutch lady (di rumah kami dulu sering minum yang ini) Hehehe…….

    Partalitoruan
    bah eda, sudah berlawanan kita dalam hal ini, karena aku sangat doyan susu, eda tidak. Bah kalo di Malaysia aku, sudah kupasuda itu eda😉

  7. Songon dok ni YLKI, humatop ma pamarenta melalui BPOM manarik susu formula ni dakdanak naung tercemar i sian pasar. Hape, hira dipasombu-sombu BPOM. Gabe mardongan biar natorop i. Hurang tegas sikap ni pamaretta taringot tu bakteri ‘enterobacter sakazakii’. Nang pe adong mandok, nga toho binahen ni peneliti IPB. Selaku institusi perguruan tinggi, meneliti bakteri na di susu i. Alai, asing muse didok Ketua IDI, Fahmi Idris. Unang pola mabiar rakyat i. Dang adong korelasi penelitian skala hewan dohot manusia. Adong perbedaan biological gradient na rundut, ninna di si. Bah, ai songon dia do. dia do na tingkos ? Nga ummalo hamu (IPB) di si, ito partali toruan. memang hira tong do tumikkos pangonjor ni purik dohot ulu ni gulamo i ditambai gadong, songon hami angka na di huta-huta on. Uju i, so adong susu bubuk. bagot ni horbo do. Na margait ma on. Naginurathon ni ito di alinea pa opathon. ‘keledai’ manang ‘kedelai’ (sengaja, tong hupabalik). he..he..he. Alana saonari on, maol nibedahon, ‘penjahat dohot penjahit’. ‘pejabat dohot penjahat.’ dohot akka na asing do pe.
    horas ma tondi madingin.

  8. Humbang Hasundutan Says:

    Tulang Imran, sukar_sulit sude ate tulang? Sada na maol do tutu laho mambedahon angka na di ginjang ondeng naginorgithon munai, nangpe jelas jelas dao bedana. Holan sada do na mura bedahononhon nang so adong bedana, ima: ompung niba bapa dohot bapa ni ompung.

  9. Gabe bingung do ahu molo makkatai susu doba ito. Alai molo makkatai demi kesehatan ni dakdanak, au ma tusi… Usul sih kalau IPB mau dan berani publikasikan saja, biar lebih hangat dan mungkin panas polemik tentang ini… istilahna sapala maridi bah maraek sekalian….

    Partalitoruan
    Roha i nian ito, songoni ma, sona posisi sebagai kompetitor nasida kan?membela kepentingan ni masyarakat ma nian ninna roha

  10. bisa-bisa mau keluar rumah juga nanti takut
    takut dirampok
    takut diperkosa
    takut ditabrak
    takut rampok
    takut dicopet
    akhirnya dirumah truzz sampai mati

    Partalitoruan
    Ihh, amit2 ngeri juga bayangin begitu ito. APalagi orang yang terbiasa dengan mobilitas, dan dinamis.

  11. lohot simanjuntak Says:

    saya pikir,sebaiknya dipublikasikan saya namanya,agar masyarakat jangan bingung,dst……
    oot.dahulu ada orang yang aku kenal gak mau minum susu .selalu dia beri ke anak anjing peliharaan nya,sehingga induk anjing itu gak mau lagi menyusui anak nya,sepertinya induk anak anjing itu ngambek dan berkata:sudah lebih pandai kau menyusui nya dari pada aku, he..he..

    Partalitoruan
    Bah. hebat ma i ate mardandi biang i (hehehehehe). Imadah tulang,harap roha nian tibu dipaboa nasida goarna, jadi dang sibuk2 menebak be akka bangso on.

  12. sepertinya aku sudah pernah singgah di blog ini. salam kebah bah ito..

    Partalitoruan
    Bah, salam kenal nya rupanya maksudnya?Bah salam kenal juga ba ito

  13. salam kenal maksudnya. hehe

  14. On dang na gabe tudos tudos,ta ida ma songon dia ma burju ni pamaretta na tu ni gomgoman na,di huta pangarattoan kon di bulan nasalpu ditarik do sian peredaran jagal lombu, dang tanggung tanggung sada sejarah di negara on.Holan alani ulaon ni under cover mai,na mambidik sude aktivitas ni jolma,mulai sian na mangangkat lombu na marsahit dht forklif sahat ma muse tu na mangalibas, dht na disiram dohot aek sian salang na balga asa olo bergerak lombu on,mungkin holan pat ni lombu on do na hassit,alai keputusan ni pamaretta ikkon manarik jagal i sian peredaran.dang ngernger godang na marjuta juta found,jala dohot ma muse rumah potong i dibagasan panyelidikan.kebetulan muse jagal sian rumah potong on dikirim do tu parsikkolaan laho mangan arian ni par sikkola,jadi tung mansai tanggap do pamaretta.Songon ima nuaeng di negaratta on,adong tarus na marmasalah,jadi hira hira ise ma na boi gabe si bege on ni sude rakyat on.amang pameretta par rohahon na ginonggomanmon,sotung sanga jolo rasip akka dakdanak na so mardosa i.ahhhh tahe ateee.

    Partalitoruan
    Ima harapan ito, asa uanng lalap holan mambiar2 i nian akka na pistar on. Bulus dipaboa nasida, jala nian ittor tanggap nian pamaretta di keadaan na songonon ate ito.
    Semoga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: