Toba Dream Dialogue III

Sabtu, 19 April 2008. hujan deras mengguyur Jakarta siang ini. Ah entah apa maksudnya, di saat aku sudah bersiap-siap berangkat ke Toba Dream, Family Café untuk Toba Dream Dialogue yang ke III kalinya. Aku sedikit terlambat tiba disana, aku kira hujan akan mempengaruhi jumlah audience kali ini, ternyata ngga sama sekali. Suasana berbeda, sangat ramai, dan ada beberapa orang yang hadir disana, yang memakai kaos bertuliskan “Pujilah Tuhan dengan menanam pohon” (aku langsung ingat, mana kaos ku yang tadi malam ya?). Dialog kali ini, mengusung tema, pendidikan di Bonapasogit. Dengan pembicaranya, Jendral (Purn) Luhut Panjaitan. Pendiri Politehnik Informatika DEL yang beralamat di Sitolu Ama, Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara. Kampus yang dilengkapi dengan asrama putra-putri juga.

Sudah menjalani berbagai bidang karir di Negara ini. Sebagai ,diplomat, birokrat, tentara, pengusaha dan kesemuanya dapat dia lalui dengan sukses. Dan itu terbukti, pengakuan itu bukan datang dari dirinya sendiri, tapi datang dari banyak pihak yang memang mengikuti sepak terjangnya di semua bidang itu. Terbukti sampai sekarang, dia tidak ada meninggalkan cacat di masing-masing instansi yang pernah dia pimpin, termasuk Departemen Perdagangan & Perindustrian yang dulu pernah dipimpinnya di era pemerintahan Abdurrahman Wahid ( Gus Dur). Tokoh satu ini, termasuk pemimpi, karena semua usaha yang dia rintis hampir semua nya dirintis melalui mimpi. Tapi, setiap dia punya mimpi, tidak pernah berhenti sampai disitu saja, dia bergerak dan bangun untuk mewujudkan mimpi itu.

Dengan sangat lugas dan apa adanya, beliau bercerita, bagaimana sedihnya dia saat berhenti menjadi menteri di tahun 2001, dengan uang yang “hanya” 8 milyar, dan tidak punya harta yang banyak. Manusiawi sekali, dan dia menceritakan itu dengan sangat apa adanya. Lantas beliau pun berfikir, apa yang bisa dia perbuat dengan uang segitu saja? Dia ingin melakukan suatu hal yang menghasilkan, yang memang nantinya berguna untuk banyak orang. Dibangunlah kampus Politehnik Informartika DEL itu, yang sekarang sudah meluluskan 6 angkatan. Setiap angkatan, tidak pernah lebih dari 100 orang, karena memang DEL mengutamakan kualitas, bukan kuantitas. Rata- rata jumlah lulusan DEL tiap tahunnya, hanya sekitar 60 orang. Untuk masuk ke kampus ini pun, sangat sulit, karena mereka memakai standar ITB dalam melakukan tes untuk calon mahasiswa/i nya. Begitu juga dengan system perkuliahan, bahkan lulusannya juga diakui di negeri ini, bahkan sudah mulai bergaung do luar negeri sana. Bahkan seorang Bill Gates bisa tau dan lantas berkata-kata soal DEL. Wow! Kelak, DEL ini harus lebih hebat dari ITB, itulah kata jenderal kelahiran Tapanuli Utara, tepatnya Simanggala 61 tahun yang lalu ini. Melihat pencapaian yang sudah dia lakukan saat ini, hal itu tidaklah mustahil. Bahkan, selain itu, dia juga berkeinginan ada orang batak yang berkuliah di DEL, kelak bisa dapat Nobel. Dan untuk itu, akan di support habis-habisan, dari sarana, semangat dan juga materi. Memang, ini adalah mimpi yang tidak mungkin tercapai dalam waktu dekat ini, tapi kalau memang konsisten dan fokus, pasti akan terjadi. Menjadikan DEL dan alumni-alumni nya menjadi yang terdepan, sudah teruji di usianya yang masih muda ini. Ke depannya, beliau ini berkeinginan menciptakan handphone keluaran Indonesia, dan ini sudah mulai dijajaki dengan produsen handphone dari Korea, dengan syarat untuk R & D nya, dilakukan di DEL.Beliau ini menilai, banyak kegagalan yang terjadi, karena orang-orang sibuk dengan rencana besar, tidak fokus, ingin mengerjakan semua hal, itu yang membuat jadi semrawut. Bukan hanya di bidang ini saja, dia juga bermimpi ingin membangun sebuah rumah sakit bagus, yang bisa nanti dijangkau oleh masyarakat, dan rencananya juga ingin dibangun di bonapasogit, ingin juga membangun industri pupuk dan juga perkebunan jagung, yang nantinya akan dijual ke salah satu produsen makanan ternak terbesar di Indonesia saat ini. Dan kesemua biaya untuk itu, masih direncanakan di supplay dari keuangan DEL, karena untuk saat ini, DEL telah menjadi salah satu foundation terkaya di Indonesia, sehingga mampu menyuplai 80% kebutuhan kampus dan asramanya setiap bulannya. Termasuk tenaga pengajar terbaik, yang memang sudah terbukti menghasilkan alumni-alumni yang segera “dibajak” perusahaan dan universitas terkenal di Indonesia bahkan di luar negeri. Bukan hanya kampus DEL saja, untuk saat ini, DEL juga membiayai Yayasan Nomensen yang diketuai oleh beliau ini. Pada saat menerima jabatan sebagai ketua yayasan Nomensen, dia tau kalo yayasan ini, banyak “penyakitnya”, tapi beliau berkeinginan untuk memperbaiki nya, memang tidak gampang, sudah berjalan hampir 3 tahun, masih jauh dari harapan. Adapun alasan mendasar dia menerima yayasan ini, karena dia sangat mencintai orang-orang muda batak, sedangkan kampus ini bisa dikatakan sebagai centre orang-orang Batak dan salah satu universitas tertua di Indonesia. Dan ternyata setelah di dalamnya, dia pun tau, bahwa banyak sekali professor dan doktor orang-orang Jerman yang ada di fakultas Pertanian Nomensen yang kurang difungsikan,dari sanalah dia nanti akan mulai mengembangkan sekolah pertanian di bona pasogit.Dalam dialog kemarin, beliau nerulang-ulang menekankan kepada kaum muda, supaya menjalin hubungan dan membentuk team work yang kuat, karena itulah nantinya salah satu kunci keberhasilannya.Karena tidak ada keberhasilan yang dicapai sendiri, melainkan dicapai bersama dengan team work.

Ke depannya, DEL tidak hanya akan menghasikan diploma-diploma informatika handal, tapi juga sarjana-sarjana. Karena akan dibuka juga S1 untuk DEL. Nantinya, mereka akan dikaryakan di luar dan di bonapasogit sendiri. Untuk bekerja di bonapasogit, maka perlu diciptakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan ilmu mereka, dan gaji yang memang sesuai dengan kemampuan mereka. Jadi mereka juga tidak sia-sia nantinya kembali ke kampung halaman. Semoga…..

P.S

Ise mambuat kaos hi ateh? Laos so dapot do bah sahat tu na mulak au, laos so dapotan iba poang,boa do i?

20 Tanggapan to “Toba Dream Dialogue III”

  1. Aku salah satu orang yang pernah tinggal di asrama putrinya selama tiga tahun. Benar-benar tempat yang indah, penuh pengalaman berharga. Salam buat Pak Luhut…nga malungun iba mamereng Bapa i…

    Partalitoruan
    Dang tinggal di Jakarta haroa ho poang?Beasa dang ro ho na di ari Sabtu i?

  2. imrannapitupulu Says:

    kaos ito, dang na dibuat. alai, na diambil do.(mungkin naeng maminjam do maksudna) …

  3. Untuk usahanya mendirikan PI Del, Pak Luhut Panjaitan patut mendapat tempat khusus di dalam sejarah masyarakat Batak. Tempat yang sangat terhormat.

    Semoga beliau panjang umur dan deberi berkat untuk melanjutkan pengabdiannnya bagi bangsa…

    Partalitoruan
    Betul tulang, sangat layak menerima big compliment.Dan sepanjang dialog sabtu itu, kelihatan sekali bahwa seorang Luhut Panjaitan sangat rendah hati, dan melakukan semua itu dengan tulus.Salut

  4. @ Ito Desy,

    Nungga jadi hobby manang sahit ni halak hita haroa ito.

    Uju partubuni sipaidua nami, songon na somal di halak hita huottang hami do angka dongan laho melek-melekan di bagas nami. Ringgas do akka ro marpungu sambir markartui ro di manogot ni ari. Mago do hepeng ni dongan marga Tampubolon apala sian jolona rp. 50,000. Hape dang na ditinggalhon dongan on ingananna i…Holan alani na konsetrasi mamereng kartuna do lae i. Jala holan halaki nalima do dohot jurtul (juru tulis).

    Sampe sonari dang habotoan ise namambuat hepeng ni lae si Tampubolon i.

    Partalitoruan
    Porsea do au, holan oknum do i tulang, dang sude halak hita na songoni😉

  5. Farida Simanjuntak Says:

    Terima kasih buat Pak Luhut Panjaitan…
    Semoga segala cita-cita beliau dapat tercapai dan kita sebagai generasi muda Batak boleh mengikuti jejak beliau….
    Supaya semakin banyak halak hita yang handal dan terkenal karena ilmu dan keterampilannya bukan karena HOTELnya…..😉

    Partalitoruan
    Setuju eda, sudah saatnya kita bangkit dan menyatakan bahwa kita bangso na balga

  6. Hallo kak.. mampir lagi.
    Aku hadir loh waktu itu kak. Tapi tak kulihat kakak.
    Yang duduk di sebelah mananya kakak?

    Eh kak ada ralat, baru 4 angkatan yang sudah lulus😀 (Angkatan 6 lulusnya masih 1,5 tahun lagi😀 )

    Info nya komplit banget kak.. Di rekam yah kak? hehe

    Partalitoruan
    Silahkan mampir anggia hasian.Dang hurekam, alai holan asalma huingot2 songoni do i anggia.Sahali nai ro ma ho muse Toba Dream Dialogue na paopathon, asa berengonmu au manang nadia.Molo diparrohahon ho, na makkatai dohot si Nency Laura (na haudanan i) ma au.Bah baru 4 angkatan dope?N asalah mangingot do au hape, mauliate da anggia.
    P.S
    termasuk do ho na hona bajak i😉

  7. Wah.. jadi lupa…

    Aku bangga pernah kuliah di Del..
    Dan aku bangga menjadi orang batak. Batak itu kerennn…. (apa kaitannya yah😛 )

    Horas lah kalo gitu kak.. lagi hang. hehe

    Partalitoruan
    U’r request already done de.Memang batak itu keren, seperti kata ka Anette😉

  8. pahala panjaitan Says:

    Ido jambar ni naparpudi ro dang kebagian, alana nunga dibuat halak. Maaf ate ito dang huboto manang na ise mambuat i alana kebenaran do tingki i mampir iba di Toba Dream.

    Partalitoruan
    Ai borngin na i, nga dilehon nian ito, hape ala kebetulan tu Bogor au,sotung hatinggalan inna roha,lok ma jo disi, nititip majo,toema nian ala naung repot i do haroa i jadi hurang iparrohahon titipan i🙂

  9. Horas bah kak, salam kenal ma…
    mauliate godang nga berbagi cerita, alana dang dohot au tusi tikki i… gabe huboto saotik resume ni toba dream dialogue..

    mauliate ateh😀

    Partalitoruan
    Mauliate godang, salam kenal.Na dia ma ho disi poang?Boasa idok ho kk? na angkatan sadia ho poang?marsitandaan majo hita da, zevanqa@yahoo.com
    Horas

  10. Di Medan do molo ahu. So, ndang dohot tingki Toba Dream Dialogue III.

  11. situmorang Says:

    Bah, ai kaus ni Ito do na tinggal i? Tu dia ma paulakon?

    Partalitoruan
    Sitoho2 do on?Tu par Toba Dream ma lean ito, asa dilean tu au, pas ro au tusi.Mauliate

  12. juniharsitumorang Says:

    Ha..ha………. ai jadi serius ito, gaithu do i. Na gabe trsenyum do au ala ni ‘kaus’ i setelah serius membaca tulisanmu itu.

    Bagus-bagus juga tulisan ito ya, aku sampe ke blogmu dengan ‘mesin pencari’ goole, dengan penelusuran Danau Toba.

    Pagi ini aku kecewa, Liverpool kalah dari Chelsea.

    Salam, Horas.

    Partalitoruan
    Ai dia do dah ito nirippu do situtu ito.Au pe las kesal par kalah ni Liverpool 2-3 i.Ah tahe.Alai Euro on, mudah2an Portugal bersinar.

    Horas

  13. pardosa Says:

    kak des.. basa dang dibaen ho poang poto-poto na??? baenon mu do attong.. terutama potoku daa….😀

    nb: Dang adong rencana ni kakak ngumpul jo hita sa alumni di tobadream?😀

    Partalitoruan
    Dang pala huparrohahon anggo akka foto2 do anggia.Ai si Harry do on hape?Hubaen tu blog roll hu da anggia😉

  14. hidup del!, hidup ito desy…! (bah! boasa dohot hidup ito desy ate?)…

    batak itu memang kren, tapi jangan terlalu diagung2kan berlebihan… Jawa juga cool tapi kren juga… Makassar juga jenius (katanya), dll. [on secret – itu salah satu penghambat mobilitas pembangunan dan kemajuan negeri ini (…?)].

    Duuu biiidu-biidu-biidu-biidu, aeeee… 3x
    hehee

    Partalitoruan
    ende aha di ito baris terakhir i ?Songon na hea hubege….😉

  15. @kak desy
    Dang pala huparrohahon anggo akka foto2 do anggia.Ai si Harry do on hape?Hubaen tu blog roll hu da anggia😉

    hahaha.. ido beahh….😀 baen kakak ma disi… na mantap naii.. hehehehe

  16. Pak luhut memang tokoh batak yg visioner, semoga Tuhan memberi beliau umur yg panjang, tokoh-tokoh batak seperti beliau sangat di perlukan untuk membangun bonapasogit, horas..

  17. Kayaknya seru kali yang dialogue kemaren itu ya, Des? Aku gak datang karena emang gak dikabarin hehe… Si Udut ini pun gak mau kabar2in kami kalo soal beginian. Desy aja ntar yang aku tanya2 ya… Gpp kan…🙂

    Partalitoruan
    Seru emang ka,Beres ka.Tu au ma sukkun muse ateh, nomor hu sama dope😉

  18. Junedi sitorus,S kom Says:

    maju terus bangso batak,unang sai marsilatea…bereng hita ma gubernur saonari……….??????????????????? halak arab

  19. horas ma jala gabe
    kami dari ragidup yang merupakan brand pakaian berisikan grafis yang berkaitan dengan Batak.
    Mulai dari sejarah, gaya hidup, budaya dan hal lainnya.
    Ini merupakan sebuah usaha yang di lakukan kepada kaum muda Batak khususnya
    untuk dapat mengenali, mempertahankan dan meneruskan unsur- unsur Bataknya,
    dan kepada masyarakat luas pada umumnya untuk dapat mengenali budaya Batak.
    Kita berharap semoga usaha ini dapat menjadi sebuah media yang dapat mempertahankan
    artefak budaya Batak.
    untuk dapat mengetahui lebih lanjut, dapat mengunjungi kami di

    http://www.ragidup.wordpress.com

    MAULIATE..

    Partalitoruan
    Sepenuhnya mendukung gerakan ini. Minta ijin membuat link ke blog ku yah ito/akkang.
    mauliate, HORAS

  20. Pak Luhut memang orang Batak. tetapi beliau bukan hanya milik orang Batak saja. Itu terbukti ketika beliau menjabat Komandan Korem di Madiun, beliau masih sempat memikirkan pergumulan Gereja Tuhan di Madiun. Bahkan saya dan jemaat yang saya layani mengalami pertolongannya. Saya bersykur dan berterima kasih atas pemakaian atas beliau dan keluarga.

    Partalitoruan
    Setuju…..Dari pembicaraan sepanjang dialog itu, memang beliau ini berulang kali menekankan, bahwa kita harus bergaul seluas-luasnya,jangan hanya eksklusif di satu kalangan saja, dan ini beliau buktikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: