Tak masuk akal ku ini bah

Berita di detik.com, per tanggal 19 Mei 2008, jam 15.00 WIB, menyebutka bahwa Depkes mengirimkan 10 ton obat dan makanan bantu korban gempa di China. Bah apa maksudnya ini?Tarhona mambantu korban di China sana, sedangkan di negara sendiri banyak kali orang kelaparan, orang tidak bisa berobat karena saking mahalnya biaya ke rumah sakit. Dikirim pulak itu tim dokter ke sana. Apa maksudnya itu? Mau tampil keluar sana, sementara di dalam belum dibenahi?

Sepertinya kita ini negara yang sangat kaya sekali, hebat sekali tampaknya sampai mampu mengirimkan bantuan segitu besarnya. Kemana mata orang-orang di Depkes itu? Tak lihat nya mereka itu penderitaan rakyat ini? Apalagi nanti BBM mau naik pulak? Masih sempat-sempatnya mengirimkan segitu banyak ke negara lain. Okelah dari segi kemanusiaan membantu sesama yang tertimpa musibah. Tapi lihat-lihat juga keadaan di dalam negeri sendiri dong, masa iya anak bangsa sendiri dibiarkan kelaparan, bahkan ada yang sampai meninggal akibat gizi buruk. Kalaupun memang negara ini ingin turut berbagi dan meringankan negara tetangga kita itu, ya berilah tanpa menyebabakan rakyatmu menjadi kekurangan, kelaparan, kau biarkan sakit, apalagi sampai mati. Tak jelas motivasi apa yang ada di balik pengiriman ini. Entah apa maksudnya.

Kalau memang ada yang harus dibantu, bantulah rakyat sendiri terlebih dahulu, itu bukan egois namanya. Tapi itulah tanggung jawab negara ini, dalam memelihara dan membantu rakyat miskin dan kurang mampu. Diketawai kita ini sekarang sama negara-negara lain yang tau miskin dan bobroknya pemerintah kita. Sorry to say, aku pesimis ada maksud lurus dalam kegiatan ini. Aku lebih melihat ini sebagai ajang mencari simpati aja. Kasihan.

9 Tanggapan to “Tak masuk akal ku ini bah”

  1. Partalitoruan do HO?

    Partalitoruan
    Ido,ito. Hutabarat Partalitoruan, # 17 sian Pagar Sinondi.

  2. Marah kali kau kulihat, boru… Itu cuma trik negeri Simsalabim ini agar bernilai bagus di mata negara-negara pendonor… 30 ton obat… ah, kecil kalilah itu… Obat generik itu, boru… Tak payahlah kau mikirin itu…

    Partalitoruan
    Walaupun cuma obat Generik, tong do kesal iba bapa mamikkiri, alana tragis dope keadaan ni negara on, hape tarhona “mambolokhon” hape dison hurangan dope.Sogo roha

  3. Memang negara kita adalah negara yang sangat kaya ito Desy. Kalau hanya sekedar 10 ton obat dan makanan, berapalah itu, pendapatan satu hari saja setelah harga BBM dinaikkan nanti, sudah bisa mengcover itu.

    Kemiskinan suatu daerah adalah kesalahan daerah itu sendiri, kurang pintar melobby pusat agar dapat jatah yang lebih besar, karena memang kue di pusat itu besar sekali. Kalaupun dapat dana yang cukup, tidak dimaanfaatkan sepenuhnya.

    Masyarakat kurang gizi seperti yang terjadi di kec. Hutabarang, Tapteng? Setahu saya, daerah Tapteng adalah daerah yang luas dan subur, apakah masyarakat tidak punya lahan sedikitpun untuk bercocok tanam umbi umbian? Kalau tidak punya lahan di suatu daerah, boleh pindah ke daerah lain, sambil menunggu bangkitnya Tapteng dengan program Tapanuli Growthnya.

  4. Farida Simanjuntak Says:

    Ai toe ma eda… Pansobil do torus angka na diginjang an… Supaya kelihatan hebat padahal bobrok di dalamnya…
    Kita lihat lah, mau apa lagi orang2 hebat itu

    Partalitoruan
    Edaaaaaa, nga leleng dang hubege kata2 pansobil on.Khas balige benget.Pas ma i eda.So binoto akka aha kemauan ni sada2

  5. namanya juga hidup harus saling membantu.
    memberi dari kekurangan.

    olo
    emma tutu

  6. Sabotulna, ndang na laho mangulului gengsi. Nunga gabe kesepakatan internasional, nang pe kesulitan hita, alai molo pas adong na ditimpa bencana, ingkon dohot do hita mangurupi nasida na di China.

    Songoni do di tingki tsunami, godang bantuan sian negara na asing tu Indonesia, termasuk sian negara-negara miskin.

    Ai nang pe di na susa hita, tong do ingkon boi mangurupi halak na asing. Molo dang sala, adong i tong tarsurat di buku na badia i.

    Masuk akkal do i ito,.

    Partalitoruan
    Bapauda/bapatua,
    wajar do memang ikkon saling membantu, botul do adong tarsurat i buku na badia. Mungkin uda/bapatua merasa itu wajar, berbeda dohot pandanganhu, aku rasa membantu sepantasnya aja.Kalo segitu, aku rasa masih kebanyakanlah, dang gabe mate akka jolma na disi i, molo dang 3 ton sian Indonesia on. Tapi lebih lihat juga lah orang2 di dalam ini.Betapa mengenaskan nya…

  7. Biasalah itu ito, waktu aceh dulu kenak gempa, china juga bantu kita kok. Jadi mgkn semacam aksi balas dendam atas bantuan cina yg kemaren gitu. Biar kita gag di cap sebagai negara yg tidak berbalas budi.

    Sikit kok, cuma 10 milyar rupiah (1 juta dollar). Ai berapalah itu, di banding bantuan cina yg dulu utk Aceh, sampai Jacky Chan aja datang ke Aceh utk kasih motivator dan bantuan. Jadi gpp-lah itu ito, unang pola merajuk da…😀

  8. […] blog berisi catatan pribadi yang kusukai cara menulisnya antara lain milik Gloria Limbong dan Desy Hutabarat. Mereka menulis dengan gaya bercakap-cakap, dan opini mereka orisinal. Di bawah ini kukutip salah […]

  9. batuhapur Says:

    negara ta on ma didok sipanggaron dohot patta so bilak

    Partalitoruan
    Setuju ito

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: