travel warning

Larangan berkunjung (travel warning) ke Indonesia, yang diberlakukan oleh pemerintah Amerika Serikat terhadap masyarakatnya, resmi sudah dicabut semenjak per tanggal 23 Mei 2008. 8 tahun semenjak diberlakukannya, di tahun 2000.tra

Aku tahu dari berita Reportase Pagi yang tayang di Trans TV per tanggal 26 Mei 2008. bertepatan dengan tahun kunjungan Indonesia 2008, semoga ini bisa membawa angina segar, yang nantinya akan membawa wisatawan mancangerara untuk mengunjungi Indonesia. Khususnya Danau Toba tentunya : – ).

Tapi, yang aku bingungkan kenapa berita sepenting ini, tidak diulas secara khusus,malah hanya ditampilkan di berita pagi, yang kebanyakan orang tidak menyaksikannya. Karena dengan informasi ini, bisa menumbuhkan gairah para pelaku industri wisata, untuk membenahi tempat mereka masing-masing agar nantinya membuat wisatawan mancanegara khususnya dari Amerika, berebut datang ke Indonesia. Tapi, apakah ini juga pertanda, bahwa warga negara Indonesia akan mudah juga masuk ke Amerika sana? Karena, mendengar dari beberapa teman yang sedang mengurus perijinan ke luar negeri, baik dalam rangka bekerja atau berwisata, ke Amerika adalah yang paling susah. Apakah dengan terpilihnya Barack Obama nanti sebagai Presiden negara adidaya itu, akan membuat warga negara Indonesia akan mudah mendapatkan visa untuk mengunjungi negara Pam Sam itu? Mudah-mudahan saja, karena itu nanti akan jadi berita baik untuk temanku, si kak Fani, yang suaminya sudah duluan di Maryland, tapi dia masih belum bisa menyusul, karena sudah dua kali gagal mendapatkan visa, asi ni roha i.

Sedangkan waktu dilarang aja, mereka tetap nekad mengunjungi Indonesia, yang buat mereka masih menjadi salah satu negara yang harus dikunjungi untuk berwisata. Terbukti, seperti pemerintah Australia yang memberlakukan travel warning ke Indonesia pasca ledakan bom Bali I, tetap saja tidak mengurangi antusiasme masyarakatnya untuk datang ke Indonesia. Terbukti, dari beberapa jelajah yang dilakukan beberapa stasiun TV, dan wawancara dengan turis-turis di Bali, yang mengaku berasal dari Australia, dan tidak takut dengan adanya travel warning, dan berbagai pernyataan, yang menyatakan bahwa Indonesia tidak aman. Bahkan tidak sedikit yang memilih tinggal di Bali untunk jangka waktu yang lama.

Pemberlakuan travel warning, bagi negara yang mengeluarkan, bertujuan untuk melindungi warga negara nya dari bahaya. Sedangkan di sisi lain, bagi negara yang dilarang untuk dikunjungi, ini adalah merupakan suatu kemunduran, karena itu artinya mengurangi tingkat kunjungan wisatawan ke negaranya, dan itu artinya mengurangi pendapatan untuk kas negara. Kalau aku sendiri, melihat travel warning, dari sisi pemerintah yang mengeluarkan, bahwa pemerintahnya concern dan perduli dengan keselamatan warga negaranya. Dan kecewanya, ini yang tidak aku lihat ada di pemerintah kita. Entah kenapa mereka tampaknya kurang peduli dengan warga negaranya.

6 Tanggapan to “travel warning”

  1. Nauli mai ate.
    Asa ro angka sibontar mata i tu hutata on.

    Pemerintah kita?
    Lagi ngapain ya … …

    Partalitoruan
    Sambil senyum2, nunga huisi titik2 mi tulang😀

  2. Keren tulisan kau ini, dek, terutama pesan yang ingin kau sampaikan.

    Tapi aku mau sampaikan dua koreksi kecil :

    1. Kalau kita pakai logika yang lempang, memang seharusnya ada korelasi antara pencabutan travel warning AS dengan meningkatnya prospek pariwisata kita.

    Tapi kalau kau ikuti alur logika itu, aku harus menyarankanmu untuk cari tahu sedikit ihwal industri pariwisata. yang pokok, orang di seluruh dunia sekarang ini sudah mafhum bahwa planet kita ini tidak akan pernah aman. Apakah orang harus tinggal di rumah saja ?

    Lebanon atau Kashmir adalah dua tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan di dunia ini. Alamnya memang indah, dan cewek-cowoknya kece-kece. Tapi jangan lupa, ledakan bom adalah peristiwa rutin di dua wilayah itu.

    Indonesia tidaklah menderita karena travel warning by uncle sam. Industri pariwisata kita mati karena salah urus, korupsi dan malas mikir.

    2. Obama jadi presiden AS ? Aku berani taruhan, itu nggak akan terjadi.

    AS adalah negara demokrasi paling kolot di bumi ini. Selama dua abad lebih, presidennya selalu keturunan anglo-saxon; dan cuma satu yang bukan Protestan.

    Partalitoruan
    Yah, memang faktor salah urus, korupsi dan malas mikir adalah memang mempengaruhi hambatan berkembangnya pariwisata Indonesia. Berat kali bahasa mu bang😀
    Kalo aku sih, tetep ada optimisme, sejarah baru akan terjadi di Amerika kali ini. Kenapa tidak?Semua selalu ada saat pertamanya,bukan?

  3. Farida Simanjuntak Says:

    Syukurlah eda,, akhirnya status Travel Warning ke Indonesia akhirnya dicabut. Karena di sini pun terasa. Orang sini sering tanya samaku, kenapa jalan-jalan di Indonesia kurang aman ????
    Tapi travel warning ga membuat wisatawan kapok datang justru makin penasaran…
    Sama kayak kita juga, makin dilarang makin nekad mencoba….
    So… Saatnya kita buka diri untuk menyambut wisatawan dan kita tunjukkan kalau orang Indonesia masih kayak dulu “Ramah dan Bersahabat” (Pelajaran yang kuterima waktu SD dulu tentang sifat bangsa kita)
    Wah, makin menyala nih semangat nasionalku…
    Ayo dong pemerintah… Buat perubahan menuju kebankitan bangsa Indonesia supaya dilirik negara lain lagi seperti tempo doeloe…..
    Merdeka……………

    Partalitoruan
    Betul eda, harusnya pemerintah menyambut baik ini, dan semakin bergairah untuk membenahi lagi sektor pariwisata kita.Masihol aku merindukan pariwisata yang dari dulu selalu diperhitungkan sebagai salah satu pemasuk uang ke kas negara dan daerah…Semoga semakin baik…Optimis mode is ON

  4. Untuk merespon travel warning itu dulu. Sampai sekarang statement ini masih tetap aktual:
    “Indonesia, Asia Pasific travel warning!! very dangerous beautiful to visit”

  5. Hmmhmm.. no comment deh… Ayo ketemu di lapo ni Lae Vicky ari sabtu tanggal 28 Juni 2008 .. yooo.. meja sadia do tahe meja karamat na sering hujahai?… Horas

    Partalitoruan
    Meja 19 ito. *meluncur tu email untuk mengirimkan nomor handphone*

  6. TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: