Mugabe dan Zimbabwe

Sepanjang sejarah dunia, inilah Negara yang telah “berhasil” mencatatkan namanya sebagai Negara dengan pencapaian inflasi tertinggi. 2.2 juta persen. Inilah Zimbabwe.Di bawah kepemimpinan presidennya Robert Gabriel Mugabe.

Salah satu Negara miskin di Afrika ini, berhasil tercatat sebagai Negara dengan hiperinflasi sepanjang sejarah dunia. Gila itu sih namanya. Belanja sayur aja musti juta-jutaan. Begitu juga dengan angka pengangguran, mencapai 80%. Membeli seikat sayur aja, 5 juta dolar Zimbabwe, emas 170juta dolar Zimbabwe, satu butir telur aja 6 juta dollar. Buat beli lemon aja mereka mikir belinya. Waduh, kebayang aja dengan anak-anak disana. Pasti orangtuanya mikir panjang kalau mau belanja, gimana ngga?

Sekian juta atau bahkan ratusan juta di mereka, itu setara hanya dengan puluhan ribu di Indonesia. Memprihatinkan. Dan baru kali ini aku tau, ada Negara yang mengeluarkan uang dengan pecahan ratusan juta dalam satu lembar. Aduh

Banyak orang menuding, penyebabnya adalah presiden Negara ini sendiri, Robert Gabriel Mugabe, atau yang lebih akrab disebut Robert Mugabe. Presiden yang sudah berkuasa lebih dari 20 tahun, tepatnya 21 tahun sejak 1987. Dia ini merupakan salah satu tokoh controversial saat ini. Gimana ngga, diawal menjabat sebagai presiden, gaji yang dia terima, kurang dari $i juta, tapi belakangan ini (tepatnya kapan aku kurang tau), dia menaikkan sendiri gajinya hingga 1000%. Bagaimana mungkin dia tega melakukan itu? Tidakkah dia melihat keadaan negaranya yang begitu miskin? Tidakkah dia prihatin dengan keadaan rakyatnya? Malah dengan pendapatan luar biasanya itu, dia membangun Mugabe’s Place, yang menelan biaya sampai sekitar 6 juta poundsterling. Rumah yang terdiri dari 3 tingkat, 25 kamar tidur beserta kamar mandi, serta ada spa pribadi. Wow. Dia ini memerangi homoseks, dalam salah satu pidatonya, dia mengatakan bahwa perilaku homoseks adalah penurunan derajat manusia. kalau babi dan anjing tidak melakukannya, kenapa manusia mau? (aku langsung berfikir, kawan ini belum pernah nonton Legally Blonde 2, yang anjingnya homo). Lagian kalau difikir-fikir, homo mah bukan kejahatan, kecuali macam si Ryan yang membunuh orang itu. Kalau homo kan, sakit aja dia sendiri tak dirugikannya negara ini sama masyarakat banyak. Sementara, kalau kelakuan si presiden ini, bisa dibilang sangat buruk. Bukan hanya dia, istrinya juga Imelda Marcos kedua kayaknya. Grace Marufu, ini adalah istri keduanya, setelah Sally Hafron istri pertama nya meninggal dunia karena penyakit yang kronis di tahun 1992. Lantas menikahlah dia dengan si Grace yang lebih muda 40 tahun darinya. Dan dia inilah si gila belanja yang bisa menginstruksikan pesawat dan seisinya untuk menunggu dia memuaskan hasrat belanjanya. Dia ini juga monster belanja, sanggup menghabiskan 7000 poundsterling, dalam hanya dua jam saja. Bah poang, ai akka aha do ituhori? Dan satu lagi, dia ini dulunya sekretaris si Mugabe ini. Sampai-sampai negara di Uni Eropa sana, melarang dia untuk berbelanja di negara mereka, karena tidak sesuai dengan tingkat kemiskinan di negaranya. Udah gitu, perangai ini dimiliki ibu negara lagi. Wah parah tuh.

Tragis, harga di negara ini bisa naik dua kali dalam sehari, atau bahkan berkali-kali dalam seminggu. Buset, tak terbayangkan kalau itu terjadi di negara ini. Keadaan sekarang aja udah membuat orang menjerit dimana –mana. Apakah tidak ada cara untuk menyelesaikan konflik berkepanjangan di negeri itu? Bagaimana dengan jalan mengganti aja tuh presidennya. Supaya era kedikatatorannya berakhir. Dan lagipula, masa sudah sampe 21 tahun dan sudah berusia 84 tahun, dia masih keukeuh untuk terus memimpin negeri itu. Kenapa dia ngga jadi dewan penasihat presiden aja nantinya. Eh, jangan jangan deh, tar dia malah kasi pendapat supaya presiden bunuh semua masyarakat, baik dengan cara yang dia lakukan sekarang, atau dengan cara lain. Tapi ini masih jauh dari harapan, karena tampaknya si Mugabe ini sudah sangat kesetanan, dia sanggup melakukan apa saja untuk tetap di posisinya sekarang ini. Terbukti pada pemilu terakhir, tahun 2000, dia sanggup melakukan pembantaian terhadap pendukung oposisinya. Awalnya, oposisinya Tsvangirai sudah menunjukkan tanda akan menang telak. Bagaimana tidak, tentu rakyat sudah tidak ingin lagi dipimpin oleh si Gabriel Mugabe, yang telah berubah menjadi Lucifer Mugabe itu. Tsvangirai, melakukan diskusi dengannya jauh sebelum hasil pemilu keluar, dan menawarkan kemungkinan untuk pensiun dini dari jabatannya saat itu. Boro-boro mikirin tawaran pensiun, dia malah makin bringas menebar teror di kalangan masyarakat. Dan pada saat pemilu berlangsung, bahkan banyak masyarakat yang memutuskan untuk tidak keluar rumah, karena takut dengan teror yang dilancarkan Mugabe.

Lama kelamaan negara ini nanti akan menganggap hiperinflasi itu sebagai hal yang biasa. Padahal, harusnya tidak begitu. Mungkin rakyat di negeri ini, kecuali yang pro dengan Mugabe, sudah lama tidak tau artinya sedih dan menangis yah.

Sepuluh tahun silam, dibawah kepemimpinan Mugabe, negara ini termasuk salah satu negara maju di Afrika, bahkan bisa menjadi salah satu negara tumpuan benua Afrika. Di negara ini, orang-orangnya terbiasa dengan tata krama dan sopan santun. Apalgi di ibukotanya, Harare. Dulu, setiap lampu merah, pengendara mobil akan berhenti dengan teratur. Dan walaupun tanpa aliran listrik sekarang, mereka masih terbiasa berjalan dengan teratur disana. Walaupun kepedihan dan penderitaan sudah menjadi makanan sehari-hari mereka, tampaknya mereka masih bisa teratur.

Semoga konflik berkepanjangan ini bisa segera berakhir. Kita juga tidak ingin berkembang menjadi konflik perang saudara, seperti yang pernah terjadi di Kongo.

8 Tanggapan to “Mugabe dan Zimbabwe”

  1. Farida Simanjuntak Says:

    Ini berarti masih banyak pendukung si Mugabe ini… Paling-paling juga para menteri kecipratan rejeki jadi ga beani bertindak. Rakyat mau protes, boro-boro mikiran hal begituian.. Mau makan aja, harus mikir sejuta keliling, siapa yang dapat jatah makan hari ini ??? Mau ngelawan si mugabe, nyawa taruhannya. Tapi kita ga tahu masa depan, apa nanti rakyat zimbabwe mendapat keberanian dan kekuatan bisa menggulingkan dinasti Mugabe dan memancung leher si Grace Marufu ini seperti nasib Marie Antonnete dari Prancis….. KAsihan memang dengan negara ini, sudah dapat pemimpin jahat, kelaparan lagi… Kalo ga silap, aku pernah baca negara di Eropa sudah memutuskan hubungan diplomatik dengan si Mugabe dan mulai memberi warning atas “kekejiannya”. Semoga badan PBB dan pengadilan internasional mau membuka mata untuk menyeretnya sebagaisalah satu pelaku kejahatan HAM….

    Tapi di negara kita pun sudah seperti itu, disaat korban Lapindo berpikir untuk keluar dari masalah lumpur, kelaparn, wabah penyakit dan tak ada pekerjaan… Keluarga Bakrie berfoya-foya dengan 10 M nya hanya untuk pesta pernikahan… Paling-paling juga ga lama lagi cerai….
    Kadang sakit hati melihat sepeti ini, dan timbul pertanyaan…”Kapan Tuhan akan bertindak ?”

    Ah, tahe eda… lam porsuk do parngoluan on… Sai unang ma gabe muncul muse Sodom dan Gomora versi New Millenium

    Horas……

    Partalitoruan
    Botul da, tak habis fikir aku dengan keluarga Bakrie ini bah

  2. Mereka ternyata lebih kaya dari kita, kita beli sayur dengan puluh ribuan, mereka dengan jutaan, amerika dan eropa ternyata sangat miskin, beli satu hamburger dan segelas cocacola hanya dolaran tidak sampai sepuluh. he he he…
    Salam kenal ito, aku besar di kampungmu, iya partali toruan itu.

    Partalitoruan
    Salam kenal juga tulang, kampungku di Pagar Sinondi, tulang. Tapi, aku Hutabarat Partali Toruan #17🙂

  3. Zimbabwe baru saja mengedarkan uang kertas baru pecahan 100.000.000.000 (seratus miliar) dolar. Itu setara dengan 2 dolar AS.

    banyak kejadian lucu akibat keadaan ekonomi yang sakit itu. Transaksi elektronik tidak bisa dilakukan karena kalkulator dan komputer tidak didesain sampai bilangan triliun. Selain itu untuk segi praktisnya, dalam transaksi di pasar, uang tidak lagi dihitung lembar demi lembar, tapi langsung ditimbang hehehe…

    Kasihan rakyat negara itu.

  4. Dek, kalau keganjilan di Zimbabwe melahirkan kelucuan yang terasa perih, ada lagi nih keganjila yang tragis; yaitu kasus incest di Jambi. Seorang ibu hamil 8 bulan akibat hubungan sumbang dengan anak kandungnya sendiri. Maupma begu i, dao daoma ma nasotama.

    Selengkapnya baca di sini :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/2008/07/26/kasus-incest-di-jambi-anak-hamili-ibunya/

    Partalitoruan
    Aku rasa yang jadi korban kekerasan seksual adalah si anak, bisa2nya si ibu diam aja.Keenakan kali dia itu

  5. blogwalking neh sambil nitip link artikel tentang insiden sekolah teologia “SETIA” di Pinang Ranti :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/2008/07/29/kasihan%e2%80%a6mahasiswa-ujian-negara-di-gereja/

  6. srikandini Says:

    apa di sana ngk ada yg berani demo atau kudeta yahh????

  7. Binner Manihuruk Says:

    Ito Desy.. tulisan terbarunya di tunggu…

  8. Kekuasaan tanpa batas bagi pemimpin menghasilkan kemunduran bagi rakyat yang dipimpinnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: