SMS Pemantau Murid di e Life style, Metro TV

Dua tahun terakhir ini, tanpa aturan tertulis memang sepertinya mataku sudah di set untuk bangun siang setiap weekend. Tapi ada yang berbeda di weekend kali ini, aku harus bangun pagi. Karena aku harus ke Metro TV.

Sebelumnya, di hari Senin, mas Dedi (asisten produser untuk acara E Lifestyle di Metro TV) menelepon ke kantor, menanyakan mengenai FlexiSkul. Kemudian setelah berbincang-bincang sedikit, akhirnya mas Dedi mengatakan bahwa acara mereka ingin mengusung tema mengenai SMS Pemantau Murid yang digarap oleh kantorku. Dan kebetulan aku yang in charge untuk project ini. Kamipun mulai mengatur untuk jadwal shooting untuk keperluan insert picture di hari Minggunya.

Hari Rabu, 10 September, kamipun berangkat shooting ke daerah Sawangan, ke SMA Lazuardi, sekolah yang setahun terakhir menjadi klien kami. Untuk mengambil gambar mengenai tahapan yang perlu dilakukan, sampai akhirnya pesan mengenai murid tersampaikan langsung ke tangan orang tua. Tidak sulit, bahkan sangat mudah. Karena semuanya web based system, jadi sekolah tidak perlu menyediakan IT departemen khusus untuk mengoperasikannya. Cukup menunjuk admin atau operator, atau bahkan masing-masing wali kelas yang nantinya akan mengoperasikan system tersebut.

Adapun pengambilan gambar yang dilakukan dimulai dari, bagaimana jajaran kepala sekolah, direktur sekolah, rapat untuk menentukan agenda atau membicarakan informasi mengenai siswa, yang perlu disampaikan kepada orang tua. Kemudian setelah itu, mereka akan meminta admin yang telah ditunjuk, untuk mengirimkan pesan ke handphone orang tua siswa. Pengiriman dilakukan melalui website FlexiSkul, kemudian nanti provider yang akan meneruskan langsung ke handphone orang tua. Dan prosesnya sangat cepat.

Setelah melakukan shooting, selanjutnya, editing dilakukan oleh Metro TV. Dan kami juga melakukan berbagai diskusi untuk melengkapi data yang kami dapat di lapangan. Berhubung karena acaranya Live, maka pihak Metro TV, di hari Jumat sudah memberikan bocoran kira-kira pertanyaannya yang akan ditanyakan di hari minggu nya.

Metro TV meminta dua orang nara sumber untuk dihadirkan di studio mereka. Satu dari FlexiSkul , yang diwakili oleh Software Development kami, yaitu Emmanuel Setio Dewo ( Mas Dewo), dan satu orang dari sekolah, dalam hal ini diwakili oleh ibu Dra. Alwiyah Bagir (Direktur SMA Lazuardi). Acara yang berlangsung kurang lebih 30 menit ini, berjalan sangat lancer, dan dipandu oleh seorang host yang sangat cantik dan baik, Andini Effendi. Ternyata animo masyarakat baik sekali. Kelihatan dari telepon interaktif yang masuk, jumlahnya banyak sekali, dan pertanyaan mereka menunjukkan ketertarikan mereka terhadap teknologi ini. Akhirnya, tidak semua bias masuk dan terjawab.

Padahal, kenyataan yang kami hadapi di lapangan. Adalah pekerjaan yang sangat susah untuk kami, “menjualnya” ke sekolah-sekolah, karena kebanyakan guru-guru yang kami jumpai, belum paham betul fungsi dari teknologi ini untuk kelancaran komunikasi orang tua dan sekolah. Teknologi ini hadir, bukan untuk menggantikan komunikasi antara orang tua dan sekolah, justru untuk melengkapi. Karena untuk beberapa hal, malah kedatangan orangtua ke sekolah menjadi lancar dan tepat waktu. Tidak seperti pada waktu guru menggunakan media surat untuk perantara komunikasi kepada orang tua. Banyak sekali yang tidak sampai ke tangan orang tua, terutama untuk anak-anak yang bermasalah.

Maka dengan demikian, informasi bisa langsung sampai di tangan orang tua, sehingga komunikasi antara orang tua dan sekolah semakin lancar. Dan tujuan akhir dari teknologi ini, untuk mendukung kesuksesan siswa pun dapat tercapai.

4 Tanggapan to “SMS Pemantau Murid di e Life style, Metro TV”

  1. Selaku orangtua murid. Ini program bagus, pemberdayaan teknologi untuk memonitor perkembangan si anak.

    Partalitoruan
    Nah, masih banyak orang tua dan guru yang tidak menyadari hal ini tulang, pe er sulit untuk meyakinkan mereka.

  2. Yang penting kita lakukan yang terbaik ya gak Ito….. Dalam hal yang baru pasti membuthkan usaha dan waktu yang tidak sedikit… horasma

  3. hanif riyadi Says:

    mohon dikirim sofwere SMS Pemantau Murid ke alamat hansdarussalam@gmail.com

  4. andre mandagi Says:

    Saya pikir sofwere ini bagus sekali,apakah saya dapat mengetahui fitur apa saja yang bisa saya dapatkan dari SMS pemantau murid ini? apakah program ini gratis untuk sekolah2? jika gratis saya ingin dapat contoh programnya, wlaupun trial.trimakasih (santaidipantai@yahoo.com)

    Partalitoruan
    Fitur yang bisa didapatkan, yaitu sms pemantau absen, nilai, dan info umum, baik untuk individu atau untuk umum semuanya. Program ini tidak gratis, kalau saya boleh tau, mohon dikirimkan data-data sekolah yang menginginkan untuk melakukan trial, supaya nanti marketing kami bisa mengunjungi sekolah bapak. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: