Krisis Global

Krisis global. Kata-kata yang singkat tapi cukup menghantam,keras dan panjang efeknya untuk dunia ini. Dunia logh,bukan hanya lokal saja.

Di awal-awal tahun belum terlalu terasa efek dari hantaman krisis global itu. Tapi kog kayanya makin kesini-sini makin susah yah? Makin berat yah kehidupan itu? Makin terasa sekali kemunduran disana-sini. Bukan hanya perasaan raksasa saja yang kena hantam,tapi perusahaan –perusahaan kecil pun kena. Dan sungguh menyakitkan sekaligus menyedihkan melihat banyaknya perusahaan tumbang, yang ber efek banyaknya pengangguran, dan makin banyak keluarga di Indonesia yang susah hidupnya. Kejadian 10 tahun lalu terjadi lagi. Dan kali ini,lebih tragis. Mungkin,aku salah satu orang yang tetap berusaha tenang dalam keadaan seperti ini. Terasakah efeknya sampai pada diriku? Jawabnya sangat terasa. Tapi,itu tidak menjadikan aku khawatir berlebihan. Karna kalau aku memang khawatir berlebihan, tenaga dan fokusku terkuras untuk si khawatir ini, malah hal lain yang lebih positif dan lebih baik, terabaikan lah. Aku mengamati beberapa kasus yang terjadi di sekelilingku. Ada company yang panik dan memutuskan mundur dari kancah perbisnisan karna efek dari krisis global yang sangat terasa di company tersebut. Dimana bidang dari company itu adalah jasa yang terhubung ke banyak sekali pihak di luar sana. Dan seperti yang aku tau, perusahaan jasa,selain mengandalkan skill dan service, mereka juga menjual nama baik mereka. Nah, kalu diputuskan untuk mundur bagaimana? Apa yang akan terjadi. Kalau ditutup begitu saja, maka efeknya adalah, kemana klien yang sudah sempat berhubungan dengan baik ini? Kemudian,bagaimana dengan nama baik perusahaan itu sendiri? Dan kalau nanti mereka ingin kembali berbisnis, apa yang akan mereka lakukan? Akankah mereka memulai dengan nama baru, bidang baru atau tempat baru, tapi tetap dengan orang-orang yang sama, dimana mentalnya juga sama. Menurutku, dalam masalah seperti ini, adalah bagaimana keluar dari masalah. Bukan bagaimana mau lari dari masalah. Karna kalau kita memutuskan lari dari masalah, sama aja tidak matang dalam berfikir dan berbisnis [ sok kalii bahasanya yah  ] Tapi, selesaikanlah masalah itu dengan sebaik dan sebijaksana mungkin, supaya jika kelak berbenturan dengan masalah yang sama, kau sudah gampang mengatakan, bahwa itu sudah pernah kau lewati.

Satu Tanggapan to “Krisis Global”

  1. KOMENTAR KONVERGENSI:
    Masalah Global Kirta.
    Saya masuk Bengkel Kesehatan RS Reha selama Ahir Des – 11 Ag 2009 dan masih terus Terapi Gymnastik kembalikan Gerak Normal bisa jalan. Saya Umur K 7-8 Medio. Diantara kami Post Graduated di Reha bersimpul kita manusia telah menjadikan Negatip Global Kultur Universum termasuk sangat kotor lingkungan / udara, penyakit tumbuh bahkan skizofreni jadi teror sebagai reaksi tanggulang. Syukur Indonesia Batak juga abd 19 kukuhkan pemahamannya dengan Mulajadinabolon (mulai terahir 5 Ribu Th sM menerima Tuhan dalam Bibel / Quran adalah Mulajadinabolon sendiri. Dan Batak setuju dari Apostelnya Nommensen dan Tuanku Rao menerima Bibel dan Quran. Horas !!! ndh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: