Dasar Batak!

Pagi-pagi aku sudah berdebat dengan bos ku. Masing-masing dengan cara sendiri.

Kami saling mempertahankan pendapat kami sendiri. Masalah penanganan media untuk keperluan kantor. Tak usalah kuterangkan detail.

Intinya, nada bicaranya naik terus, entah udah sampe berapa oktaf naik nada bicara kawan itu. Sementara aku, asik senyum-senyum aja liat kawan itu ngamuk tak ketulungan gitu. Buat ku itu hal yang sepele dan gampang. Buat dia, itu hal yang sangat rumit, dan sulit untuk diselesaikan.

Akhirnya, udah mentok juga tenaga dan kemampuan suara kawan itu, baru lah aku berbicara.

Tidak sampai 5 kalimat, dia terdiam dan manggut-manggut. nah ngerti kau sekarang kan? Fikirku..

Di akhirnya, kubilang sama dia,makanya santai bosssss. Gantian nada suaraku naik sikit.

Dan kemudian, dia timpali dengan berkata : dasar batak!

Mendengar itu, aku kaget dan seneng. Karena dia bukanlah orang yang biasa ngomong seperti itu. Bos ku itu bukan orang Indonesia, jadi tidak lazim aku mendengar dia berkata seperti itu. Waktu dia berkata begitu, aku ngakak! Sekaligus seneng. Karena aku tau bos ku berkata demikian karena dia bangga dan membenarkan pendapatku.

Sepintas kata dasar Batak! Itu seperti kasar yah, seperti bernada negatif.

Tapi tidak dalam hal ini. Ini kali kedua aku menerima compliment dari atasan ku dengan cara begitu.

Dan aku semakin bangga dengan kebatakanku. Mereka bukan mengatakan dasar Desy,tapi dasar Batak!

Aku dulu pernah bertanya sama bos lama ku, kenapa dia bilang dasar Batak, bukan dasar Desy. Ternyata, jauh sebelum aku ada disana. Sudah ada orang-orang Batak yang pernah bekerja dengannya, ada dua atau tiga kurang lebih. Dan dari semua itu, meninggalkan kesan baik untuk bos ku. Bos ku mengatakan rata-rata mereka pekerja keras. Dan meninggalkan jejak baik di kantor itu. Dan kata dia, ciri khas Batak-batak yang dia kenal, adalah teguh pada pendirian nya.  Tapi mau dikoreksi dan di kritik serta menghargai pendapat orang lain

Yes! Pantasan berkesan di hati kawan itu. Kata dia, orang-orang Batak yang dia kenal, berlian. Wow betapa bangganya ya jadi orang Batak.

Berbeda dengan kantor ku yang sekarang, kemaren-kemaren ada orang Batak juga disini, orangnya [katanya] menyebalkan. Aku tak banyak berinteraksi dengannya, karena memang bagiannya jarang, bahkan nyaris tidak pernah bersinggungan dengan kerjaanku. Tapi dari cerita kawan-kawan yang banyak bersinggungan dengannya, sepertinya kawan itu meninggalkan jejak kurang baik L

Ada lagi yang begini. Waktu itu, seorang temen nyeletuk. Iya tuh, dasari si R batak! Nyebelin. Persis di depan mataku, pas kami makan siang rame-rame. Aku hanya senyum-senyum aja, aku biarkan dia menyelesaikan keluhannya tentang si dasar Batak nya itu. Dan begitu dia selesai menumpahkan uneg-uneg nya, baru dengan senyum aku bilang, aku juga orang Batak. Dan kawan kawan lain ngakak ngeliat ekspresi kawan itu yang kaget karena tau aku orang Batak.

Ternyata, perilaku seseorang itu bisa dijadikan tolak ukur penilaian untuk satu kelompok tertentu. Jadi, hati-hati lah kita bersikap. Karena kasihan golongan kita atau golongan tertentu yang menjadi di diskreditkan atau dicap tidak baik, hanya karena kelakuan satu orang saja.

Mau jadi berlian, silahkan…. mau jadi orang yang disebelin juga silahkan.

21 Tanggapan to “Dasar Batak!”

  1. ya, memang benar Batak.

  2. aku batak gak ya …
    hahaha

    dasar aku !!!

  3. ito, desy, dikkan dia do tahe talituruan on, jonok tu aek ragat do manang jonok tu gareja sidua palas palas ido, nga lupa iba.

  4. adong muse do donganku sian hutabarat on, seputar simpang 4 i ma jabuna masuk saotik tu arah aek rangat masuk tu siamun saotik, goarna TIGOR HUTABARAT, barita terakhir hubege mambukka perusahaan di Jakarta, ninna kantorna di jolo di Universitas Indonesia, alai jarang sekali do iba tu Jakarta an, atik ditanda ito Desy , salam ya. Eh.. au Par Lobuhole do, hea do tahe dibege ito huta Lobuhole ?, sian salib kasih an ma tu bagas,,,

  5. hape molo au pasti muruk molo adong mandokkon songoni tu au.

    alana par muruk do aua.hahahahahahh

    salam kenal
    horas

  6. wakakak… toho nai ate kak…
    di kantor hon tong ma adong 2 icon batak…
    sada dasar batak nyebelin
    sada nai dasar batak jempolan…
    hmmm….

  7. lovepassword Says:

    Ternyata, perilaku seseorang itu bisa dijadikan tolak ukur penilaian untuk satu kelompok tertentu. Jadi, hati-hati lah kita bersikap. Karena kasihan golongan kita atau golongan tertentu yang menjadi di diskreditkan atau dicap tidak baik, hanya karena kelakuan satu orang saja.

    ===> Mestinya ya nggak gicu, tetapi memang persepsi umum biasanya gicu. Karena itu yah saran baguslah ini.

  8. bangga jadi halak Batak

  9. partali toruan sian hutabarat Says:

    DASAR PAR BALIGE!!! kwkkwwkkwkwk

  10. anthonius malau Says:

    anggo au bangga do di dok dasar batak, terlepas nada sinis manang memuji. memang kenyataan do godang do batak na ‘takkang’ jala godang do muse batang na ‘burju’. horas

  11. anthonius malau Says:

    anggo au bangga do di dok dasar batak, terlepas nada sinis manang memuji. memang kenyataan do godang do batak na ‘takkang’ jala godang do muse batak na ‘burju’. horas

  12. hahahaha… hidup boru batak!

  13. au sarupa ito songon ho au pe bangga molo mangaku gabe boru batak nangpe akka donganku mandok au jabiron

  14. Ada dua macam orang didunia ini.

    1. Orang Batak
    2. Orang jelek

  15. AHIR 1970

    NDH + Mangara Pardamean Sitorus tiba di Bandara Schiphol, dijemput Orang Badan Besar Meneer Mus, ia dari Dewan Nasional Trade Union Kristen Belanda. Kami berdua dari Indonesia mewakili Pimpinan Trade Union Dunia III di Eropa cq ILO dll. Kami berdua gembira, di Satu Seminar Trade Union Kristen Belanda itu, 14 Orang dari Pimpinan Daerah datamng berbaris menyalami dengan hormat minta maaf kepadsa kami berdua mohon diampuni kesalahan Kolonialisme Belanda di NKRI. Kebetulan sya Sekretaris Nasional YMCA /AMVJ Indonesia juga Anggota DGI/PGI PUsat dan Sitorus Aktivis Pimpinan YMCA Surabaya serta Ormas Kristen.

    Wah Oramng Batak ya
    Mengapa saya tanyak, jawabnya Istimewa, organisator, demokratis, terustrang, raja model bertabiat.

    Ya kini kami sampai di Vaderland kata Boladda
    Dan kami Indonesia adalah Moederland, saya katakan, karena memehi beri makan Belanda 350 Th

    Ya ya kata Meneer Moes, itu benar !

  16. Idris J.Situmorang Says:

    I am Proud to be Batak !

    Horas…

  17. Hahahaa….
    Dasar Batak!

  18. Johan Tampubolon Says:

    bah… poang tabo nai hamu didokkon halak batak.. hape au nei nga hupasangar-sangar bohi tong do ndang adong halak na porsea au halak batak.. hera bugis doho.. hera india.. manang dia mai..

  19. NDH Hutabarat Says:

    Mereka Bangga Batak
    Juga Cantik Ganteng Tampan Professional Teknokrat

    Putri dan Putra: Conressa, Ratna Sarumpaet, Coky Sitohang dan 2 Tampubolon serta ayah Felix, mereka berdarah Campuran Batak dan lain etnik lain termasuk Barat menyatakan gembira sebgai Batak dan akan memelihara memajukan menyebarkan karakter ampuh teknokrat professional model panutan Batak itu di NKRI dan Dunia (Bertemmu 4 Mata dg Sukur di TV).

  20. molo di kantor nami dang mungkin adong barani mandokkon songoni iban, alana nunga gumodang batak daripada na asing… hahhaha..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: