LOMBA KARYA TULIS TOBALOVER : Jurus Baru Penyelamatan Danau Toba

Tobalover, sebuah komunitas berbasis jejaring sosial Facebook, akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis (LKT) bagi pelajar SLTP dan SLTA di tujuh kabupaten seputar Danau Toba. Lomba berhadiah total Rp 25.000.000 ini, bertujuan menanamkan sejak dini kepedulian terhadap pelestarian Danau Toba dan lingkungan sekitarnya.

Menurut Ketua Panitia LKT Tobalover, Robert Manurung, lomba bertema “Danau Toba Yang Kucinta” ini mencakup tujuh kabupaten yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba, yaitu Simalungun, Tanah Karo, Tobasa, Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, dan Dairi. Lomba ini berlangsung sejak 21 Agustus hingga 1 Oktober 2009. Pemenangnya akan diumumkan tanggal 22 Oktober, sedangkan penyerahan hadiah dilaksanakan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2009.

”Kita menyadari, upaya penyelamatan Danau Toba tidak akan berhasil selama penduduk setempat hanya sebagai penonton atau pelengkap penderita seperti selama ini,”jelas Robert Manurung seraya menegaskan, ”Melalui penyelenggaraan lomba ini, kita ingin mendorong tumbuhnya kepedulian di kalangan remaja dan pemuda di tujuh kabupaten itu untuk melestarikan Danau Toba dan lingkungan sekitarnya.”

Ditegaskannya, melalui lomba ini TobaLover ingin mendorong upaya penyelamatan Danau Toba bersifat bottom up. “Jurus baru” ini diyakini lebih layak diandalkan dan diharapkan dibanding pendekatan top down, yang sifatnya elitis dan sarat KKN seperti dianut selama ini. “Kenapa sebelumnya tidak pernah diadakan lomba semacam ini ? Karena sumber dana organisasi-organisasi penyelamatan Danau Toba adalah pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung ikut merusak danau itu dan lingkungan di sekitarnya. Makanya, dalam penyelenggaraan LKT ini, kita akan mengutamakan donasi dari mastyarakat, khususnya para pecinta Danau Toba yang berkecimpung didunia maya,”jelas Robert.

Dalam lomba ini, peserta diminta memaparkan peranan nyata yang dapat mereka lakukan, guna mengatasi tiga masalah besar`yang menyebabkan krisis lingkungan di Danau Toba dan sekitarnya. Ketiga masalah besar itu adalah penggundulan hutan yang mengakibatkan kian menipisnya daerah tangkapan air, kebiasaan penduduk membuang sampah ke danau, dan pencemaran air danau oleh limbah pakan ikan (pelet) dari kerambah apung yang kian menjamur di sana.

Dewan Juri lomba ini, jelas Robert, terdiri dari para wartawan, penulis, dan blogger kawakan. Ketua Dewan Juri adalah penulis novel Sordam, Suhunan Situmorang; yang didukung oleh wartawan sekaligus blogger kawakan Toga Nainggolan sebagai Sekretaris Dewan Juri.

Bersamaan dengan penyelenggaraan lomba ini, TobaLover berencana mengadakan program pelatihan singkat bagi para penggiat dan relawan lingkungan di tujuh kabupaten tadi. Tujuannya untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan strategi mengedukasi masyarakat. Program ini akan diberikan oleh Yuyun Ismawati, penggiat lingkungan di Bali yang belum lama berselang mendapat penghargaan internasional Goldman Environmental Prize 2009–yang sering pula disebut sebagai Nobel Lingkungan.

KETENTUAN LOMBA
I. Kategori SMP & SMU sederajat.

II. Syarat-syarat lomba :

1. Terbuka untuk pelajar SLTP (Kategori 1), pelajar SLTA (Kategori 2) yang masih aktif sebagai siswa pada sekolah-sekolah terdaftar di 7 kabupaten sebagai berikut : Tanah Karo, Simalungun, Samosir, Tobasa, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.

2. Lomba dimulai tanggal 21 Agustus dan ditutup pada tanggal 1 Oktober 2009.

3. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) karya tulis untuk dilombakan.

4. Peserta bebas membuat judul sendiri, namun harus menuliskan di dalam naskah mana yang dipilih menjadi acuan di antara tema dan subtema di bawah ini :

TEMA : “DANAU TOBA YANG KUCINTA”
SUBTEMA :
1. Yang harus kulakukan supaya hutan di sekitar Danau Tobaku tidak
semakin gundul.
2. Yang harus kulakukan supaya Danau Tobaku tidak menjadi tempat
sampah dan airnya tidak semakin gatal.
3. Tak akan kubiarkan Danau Tobaku kering.

5. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Diperkenankan menggunakan seperlunya istilah bahasa Batak dan harus ditulis miring atau italic.

6. Naskah harus asli (bukan jiplakan atau saduran). Keaslian karya tulis menjadi pertimbangan utama Dewan Juri dalam menyeleksi dan menentukan pemenang.

7. Naskah diketik atau di-print out dalam kertas ukuran A4, dengan spasi 1,5 dan menggunakan jenis huruf (font) Times New Roman ukuran 12, dengan margin rata di sebelah kiri dan kanan (justified).

8. Panjang naskah karya tulis antara 6-10 halaman ketikan atau print out; masing-masing rangkap 3 (tiga).

9. Naskah karya tulis harus disertai lampiran berupa :
a. biodata dan foto peserta
b. Fotocopy kartu pelajar/surat keterangan dari guru wali kelas.
c. Alamat sekolah secara lengkap, disertai nomor telepon jika ada.
d. Alamat rumah peserta dengan disertai nomor telepon yang dapat dihubungi sewaktu-waktu.

III. Ketentuan pengiriman naskah :

1.Naskah beserta lampirannya dimasukkan ke dalam amplop tertutup. Cantumkan kategori peserta dan kabupaten tempat sekolahnya, contoh “Kategori 1/Tapanuli Utara” di sebelah kanan atas amplop, dan kirimkan melalui pos ke :

Panitia Lomba Karya Tulis “Danau Toba Yang Kucinta”
Komplek Deli Sejahtera Blok XIII Nomor 122,
Pasar V Marelan, Medan 20256.

2. Naskah yang berhak ikut lomba adalah yang dikirimkan paling lambat tanggal 1 OKtober, dibuktikan dengan cap pos.

IV. Hadiah bagi para pemenang
Total Hadiah yang akan diperebutkan senilai Rp 25.000.000-

Karya tulis para pemenang akan dipublikasikan di surat kabar yang terbit di Sumatera Utara dan di website tobalover.com.

V. Ketentuan lain

1. Setiap naskah karya tulis yang ikut dilombakan menjadi milik Panitia, namun hak cipta tetap milik peserta. Panitia berhak menerbitkan karya-karya yang dilombakan tanpa memerlukan ijin atau persetujuan dari peserta.

VI.Pengumuman pemenang & penyerahan hadiah

1.Pemenang Lomba Karya Tulis “Danau Toba Yang Kucinta” akan diumumkan tanggal 22 Oktober 2009 melalui website tobalover.com, media cetak, dan radio.

2.Panitia akan mengirimkan surat pemberitahuan resmi kepada setiap pemenang yang kemudian harus ditunjukkan oleh yang bersangkutan pada saat penyerahan hadiah.

3. Penyerahan hadiah bagi para pemenang akan dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda, tanggal 28 Oktober 2009. Cara dan tempat penyerahan hadiah akan diumumkan kemudian.

Jakarta, 21 Agustus 2009
Panitia Lomba Karya Tulis TobaLover

7 Tanggapan to “LOMBA KARYA TULIS TOBALOVER : Jurus Baru Penyelamatan Danau Toba”

  1. Panitia Lomba Karya Ilmiah Toba Lover yang terhormat…..!
    Bapak/Ibu panitia! yang baik, kapan pak penumuman juaranya mohon infonya. demikian pak

  2. Agustina Pane Says:

    saya ingin mengetahui, dimana ya dimuat para pemenang dari lomaba ini? karna saya sudah membuka tobalover.com, yang ada hanya opening soon buat public dan log in saja. saya juga belum punya akun disana. jadi saya ingin tahu para pemenangnya siapa saja. mohon di reply.
    terima kasih

  3. Agustina Pane Says:

    saya ingin mengetahui, dimana ya dimuat para pemenang dari lomaba ini? karna saya sudah membuka tobalover.com, yang ada hanya opening soon buat public dan log in saja. saya juga belum punya akun disana. jadi saya ingin tahu para pemenangnya siapa saja. mohon di reply ke email saya ya.
    terima kasih

  4. @Togar
    @Agustina Pane

    Panitia Lomba Karya Tulis TobaLover (LKT) mengucapkan terima kasih atas partisipasi Anda berdua dalam lomba yang kami adakan.

    Perlu kami informasikan, hingga batas waktu yang ditentukan karya yang masuk ke alamat Dewan Juri di Medan ternyata sedikit sekali, bahkan lebih sedikit daripada jumlah kategori pemenang yang telah kami tentukan. Setelah dipelajari ternyata penyebabnya adalah tidak tersebarnya poster pengumuman lomba tersebut, sehingga para pelajar yang ikut sebagai peserta hanya dari tiga kabupaten, yaitu Dairi, Simalungun dan Tobasa.

    Oleh karena itu Panitia telah memutuskan LKT diperpanjang hingga Desember 2009, agar tujuan lomba ini tercapai, yaitu mendorong tumbuhnya kepedulian kalangan pelajar terhadap masalah lingkungan di Danau Toba. Para pemenang akan diumumkan tanggal 16 Desember 2009, dan penyerahan hadiah tanggal 21 Desember 2009.

    Kami mohon maaf atas kelambatan pengumuman ini. Sebenarnya press release mengenai perpanjangan waktu penyelenggaraan LKT sudah kami kirimkan ke beberapa media, namun ternyata belum dimuat; padahal kami sengaja menunda pengumuman melalui internet, demi menjaga agar tetap aktual untuk diberitakan oleh surat kabar.

    Mengenai situs tobalover.com, memang belum dapat dipublish seperti direncanakan. Untuk informasi selanjutnya mengenai LKT dapat Anda akses di blog batak itu keren (http://tobadreams.wordpress.com), atau kontak ke Sekretaris Panitia Rudy Leonardo Hutabarat, HP 0812 6433 9519.

    Demikian penjelasan Panitia LKT TobaLover
    Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.

    Robert Manurung / Ketua Panitia LKT

  5. Armelia Sitopu Says:

    ohh..begitu ya pak.pantas sudah berapa hari saya cari-cari pengumumannya..terus pak,bagaimana dengan yang sudah mengirim naskah . apakah diulang lagi atau naskah yang sudah dikirim itu yang diseleksi untuk yang bulan Desember atau boleh membuat naskah yang lain lagi atau boleh mengganti naskah dan seterusnya
    terimakasih

  6. Horas…njuah-njuah,saya mengirimken karya saya demi menjaga kemasifan danau yang kita cintai itu,sebagai generasi muda yang berwawasan baik.saya sempat ciut ketika teman saya banyak meremehkan saya di sekolah,karena pengumumannya tidak jelas.Pak jika diumumkan mohon dimuat di internet agar bisa dilihat nantinya pd tanggal 16 desember.mauliate.gbus

  7. Johan Tampubolon Says:

    ai 25 do khan ito ? ndang na 52 sotung salah khan ‘inna roha ku nian ai..ndang adong masala disi.. boi.. do khan tu taon depan ai.. 26 paling muda dope… unang pola marsak ate ito..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: